Kembali ke Artikel
Praktik Baik Diferensiasi Prasmanan (Kurikukum Merdeka Bukan Soal Konsep, Tapi Guru Laksana Penyaji Restoran)  Penulis: Lydia Zenia
12 Jul/2023

Praktik Baik Diferensiasi Prasmanan (Kurikukum Merdeka Bukan Soal Konsep, Tapi Guru Laksana Penyaji Restoran) Penulis: Lydia Zenia

Judul: Praktik Baik Diferensiasi Prasmanan (Kurikukum Merdeka Bukan Soal Konsep, Tapi Guru Laksana Penyaji Restoran)

Penulis: Lydia Zenia

Editor: Qolbi

Halaman: xiv, 116 hlm, 21 x 29,7 cm

Cetakan: Pertama, Juli 2023

Penerbit: Pustaka Mediaguru

ISBN:

Harga:

 

SINOPSIS

 

Pengelompokan gaya belajar dan kesiapan belajar, lumrah dilakukan dalam strategi pembelajaran berdiferensiasi. Hal tersebut tidak berjalan baik di kelas saya. Saat banyak guru menerapkan strategi pengelompokan yang sama, gairah murid tak sama seperti pada jam pertama dan kedua. Murid dengan kondisi kurang sehat, baik secara fisik maupun psikis cenderung memilih pasif. Murid yang  bosan dengan kelompok yang sama, memilih mendatangi kelompok lain untuk melihat media yang beda.

Teori musik selalu menjadi ketakutan terbesar murid. Hal tersebut disebabkan karena notasi balok yang pengaplikasiannya berhubungan numerasi. Diferensiasi prasmanan membantu saya mengurai permasalahan di kelas. Murid dapat memilih sendiri konten, proses dan asesmen sesuai dengan minat dan kemampuannya. Ada tiga tipe proses diferensiasi prasmanan, yaitu tipe 1 meja panjang, tipe 2  meja VIP, dan tipe 3 meja VVIP.

Tidak hanya konsep dan pengalaman sukses pembelajaran di kelas, buku ini menyajikan tantangan yang saya hadapi di kelas. Buku ini juga dilengkapi dengan perangkat pembelajaran, yang akan mempermudah guru musik khususnya untuk melaksanakan dan dimodifikasi pada mata pelajaran lain.

JELAJAH