Kembali ke Artikel
Penilik, Agen Perubahan Pendidikan Nonformal
17 Feb/2023

Penilik, Agen Perubahan Pendidikan Nonformal

Judul: Penilik, Agen Perubahan Pendidikan Nonformal

Penulis: Hari Brinarty

Editor: Khoen Eka Anthy S.A.

Halaman: vi, 36 hlm, 21 x 29,7 cm

Cetakan: Pertama, Februari 2022

Penerbit: Pustaka Mediaguru

ISBN:

Harga:

 

SINOPSIS

 

Penilik, agen perubahan pendidikan nonformal (PNF), adalah sebuah pemikiran penulis selaku penilik PAUD dalam kiprahnya sebagai pengendali mutu dan evaluasi dampak program PAUD PNF di lapangan. Bila kita melihat kenyataan, pertumbuhan PAUD dan PNF di lapangan seperti jamur di musim hujan, tetapi tidak diiringi dengan manajemen yang baik dan SDM yang berkualitas.

Kita menyadari, adanya lembaga PAUD PNF adalah suatu keniscayaan, dimana kesibukan seseorang membuatnya tak sempat mengorbankan waktu, atau mereka yang tidak dapat bersekolah di pendidikan formal karena segala aturan dan biaya yang besar. Di sinilah peran penilik sebagai jembatan antara masyarakat dan pemerintah, untuk menjadikan satuan pendidikan nonformal sebagai wadah yang dapat menaungi dan menambah ilmu guna menjawab tantangan ke depan bangsa ini.

Dalam menyongsong generasi emas, kita membutuhkan penilik yang visioner, mengayomi, dan bersahabat. Lalu bagaimana peran penilik sebagai agen perubahan pendidikan nonformal? Penilik merupakan harapan bagi penyelenggara, guru, tenaga kependidikan, dan masyarakat. Sinerginya dengan berbagai pihak diharapkan bermanfaat untuk kemajuan negeri dan bangsa ini.

Buku ini ditulis dengan bahasa yang sederhana, lugas, dan mudah dipahami para pembaca, terkhusus para penilik PAUD PNF. Buku ini adalah kontribusi nyata dari penilik untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

JELAJAH