Kembali ke Artikel
Naskah Khotbah Indonesia-Mandar
25 Jun/2024

Naskah Khotbah Indonesia-Mandar

Judul: Naskah Khotbah Indonesia-Mandar

Penulis: Ridwan dan Nizar

Editor: Nopiranti

Halaman: x, 358 hlm, 14,8 x 21 cm

Cetakan: Pertama, Juni 2024

Penerbit: Pustaka Mediaguru

ISBN:

Harga:

 

SINOPSIS

 

Kehidupan saat ini sangatlah berbeda dengan kehidupan zaman dahulu. Perkembangan globalisasi yang semakin pesat sangat memengaruhi kehidupan. Tidak sedikit orang yang lalai akan kewajiban terhadap Allah subhanahu wa ta’ala karena pengaruh globalisasi ini. Padahal Allah SWT telah menyampaikan firman-Nya dalam al-qur’an dan hadis yang harusnya menjadi pegangan bagi setiap muslim dalam mengarungi kehidupan di segala zaman.

Segala hal dalam al-qur’an dan hadis tersebut banyak diingatkan ketika khotbah Jumat kepada jemaah. Khotbah Jumat banyak membahas tentang kewajiban umat manusia sebagai muslim dan apa yang perlu dilakukan untuk menghadapi kehidupan di dunia dan mempersiapkan diri untuk kehidupan di akhirat kelak.

Di Indonesia, khotbah Jumat biasanya disampaikan dalam dua bahasa, yakni Indonesia dan Arab. Namun, untuk masyarakat Mandar di provinsi Sulawesi Barat khususnya masyarakat di daerah terpencil, khotbah sering disampaikan dengan tiga bahasa yaitu Indonesia, Arab, dan Mandar.

Buku ini berisi kumpulan khotbah bahasa Indonesia-Mandar dengan kajian yang sesuai al-qur’an dan hadis yang dibahasakan kembali secara global agar dapat dimengerti oleh pembaca dari berbagai daerah dan makna yang terdapat di dalamnya bisa tersampaikan dengan baik. Buku ini juga bertujuan untuk memperkenalkan khotbah bahasa Indonesia-Mandar kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya suku Mandar di Sulawesi.

JELAJAH